CARA MEMBUAT CIMOL ANTI GAGAL

Cimol sering dijuluki aci digemol karen bahan dasar yang digunakan adalah aci. Jika membahas tentang cimol pasti kita teringat jajanan saat kita masih kecil. Dimana biasanya kita rela antri dan berebut dengan teman yang lain hanya untuk membeli jajanan yang satu ini. Cimol adalah salah satu makanan ringan atau cemilan yang saat ini juga banyak di cari-cari orang. Banyak yang sampai rela pergi keluar untuk mencari jajanan yang satu ini. padahal kalau dilihat-lihat jajanan yang dijual oleh pedagang kaki lima belum tentu sehat. Walaupun memang dipandang  bersih namun kita tidak tahu bahan yang digunakan atau barang yang dipakai higienis atau tidak. dan tentunya tingkat higienisnya berbeda dengan jika kita membuat cimol sendiri di rumah.

Trik membuat cimol anti gagal

Sebenarnya cimol itu tidak sulit membuatnya . hanya saja diperlukan jiwa yang tidak mager. Nah untuk itu jika kamu ingin membuat cimol anti gagal di rumah agar lebih terjamin higienisnya. Kami akan membagikan tips dan trik membuat cimol sendiri di rumah anti gagal di bawah ini.

  • Siapkan alat dan bahan

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan alat seperti baskom untuk wadah, panci, blender untuk menghaluskan bumbu, wajan dan lainnya. Juga bahan seperti tepung kanji, sedikit tepung terigu, bahan bumbu halus , minyak, dan bumbu bubuk untuk taburan.

  • Buat bumbu cimol

Nah setelah bahan dan alat semua siap kamu bisa membuat bumbu halus lebih dulu. Kamu bisa menguleknya atau menggunakan blender untuk menghaluskannya. Yang dihaluskan antara lain 3 sdm garam, sejumput merica atau bisa diganti dengan merica bubuk, dan 3 siung bawang putih berukuran sedang.

  • Buat acian

Setelah bumbu semuanya tercampur halus kamu bisa membuat acian nya. Caranya dengan memasak bumbu tersebut di air sampai mendidih , nah untuk takaran kamu hanya perlu sedikit air (sekitar 200 ml). jika sudah mendidih kamu bisa menambahkan 3 sdm tepung kanji. Aduk terus hingga tidak ada yang menggumpal. Dan angkat jika sudah agak mengental.

  • Buat adonan cimol

Setelah acian jadi. Kamu bisa langsung membuat adonan cimol. Caranya dengan tempatkan acian ke dalam baskom berukuran sedang. Setelah itu tambahkan tepung kanji 400 gram sedikit demi sedikit dan tambahkan juga 4 sdm tepung terigu. Uleni selagi masih panas dan sampai benar-benar kalis. Kamu juga bisa mencicipi apakah bumbunya sudah pas atau belum. Jika masih ada yang kurang bisa kamu tambahkan. Lalu jika sudah kamu bisa mem bentuknya bulat-bulat. Untuk ukuran bisa menyesuaikan.

  • Goreng

Nah biasanya yang membuat gagal adalah pada proes ini. karena cukup saya akui pada proses ini jika dilakukan oleh yang belum ahli memang agak sulit. Untuk menghindari cimol meledak saat digoreng kamu harus memperhatikan cara menggorengnya apakah sudah benar. Nah tips menggoreng cimol yang benar adalah masukan cimol dalam keadaan minyak masih dingin nah kamu bisa menggorengnya pada api kecil sambal terus kamu aduk. Jika cimol sudah mulai mengeembang kamu bisa menambah kebesaran apinya sedikit. Terus goreng sambil kamu aduk. Lalu angkat jika sudah benar benar mengembang

  • Sajikan

Setelah selesai digoreng kamu bisa langsung menyajikannya dengan taburan bumbu bubuk tadi. Dan makan selagi masih panas agar rasanya lebih nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *